Welcome Guest
Saturday
2017-06-24
9:55 AM

Beranda Respati Wikantiyoso

Site menu
Login form
Section categories
My articles [1]
My Books [3]
This page contains some books that I was as Autor and/or Editor.



Your Visitors Number:


Sugar ticket oz

Since December 1st 2009

Search
8
Our poll
Rate my site
Total of answers: 34
Site friends
  • Create your own site
  • Statistics

    Total online: 1
    Guests: 1
    Users: 0
    Local Wisdom

    Create Your Badge


    BARU TERBIT


    BUKU BARU: LOCAL WISDOM
    Baca Kata Pengantar

    'City is not a Problem, City is Sollution'(Jaime Lerner)







    Web Badan Pengembangan dan Penaminan Mutu Unmer
    Main » Articles » My Books

    Kawasan Kajoetangan; Suatu Ulasan Disain
     
    Pembahasan atau ulasan perancangan kota (urban design review) merupakan upaya penting dalam memahami, mengenal serta mendalami berbagai aspek yang berkaitan dengan perancangan suatu kawasan. Oleh karena itu buku tentang "Kawasan Kajoetangan; Suatu Ulasan Disainini menjadi sangat penting untuk mengetahui aspek-aspek perancangan kota sepanjang perkembangannya. Kawasan Kajoetangan di masa lalu merupakan kawasan perdaganngan elite untuk orang-orang Belanda yang relatif lengkap baik dari segi sarana maupun prasarana lingkungannya. Pasang surut kawasan Kajoetangan terjadi sepanjang perjalanan sejarah Indonesia khususnya perjalanan perkembangan sosial, budaya dan ekonomi kota Malang.

    Perubahan aspek non fisik kota Malang ini terekam dalam perubahan dan perkembangan fisik lingkungan yang terbangun pada kawasan ini. Ini merupakan fenomena umum bahwa kota akan selalu tumbuh dan berkembang (urban life continuum). Pertumbuhan dan perkembangan kota tidak terlepas dari kehidupan sosila-budaya, ekonomi dan politik yang melatar belakanginya. Proses pertumbuhan dan perkembangan morfologi kota dapat berlangsung secara organis (incremental) atau tanpa perencanaan dan dapat pula berlangsung melalui proses perencanaan dan perancangan (proses formal).

    Buku ini akan memberikan gambaran yang signifikan terhadap bentukan fisik kawasan dengan diperbanyak foto-foto kawasan kajian. Pemaparan dalam bentuk foto-foto ini untuk memperluas image, pemahaman serta interprestasi pembaca serta untuk memberikan "manipulasi” dengan mnghilangkan unsur-unsur penggangu visual bangunan seperti papan iklan, jaringan kabel. Manipulasi ini hanya bertujuan untuk dapat memberikan abstraksi visual yang sesungguhnya.

    Buku ini sangat penting untuk bahan kajian lanjut serta sebagai referensi atau rujukan bahwa dimasa lalu di kota Malang khususnya kawasan Kajoetangan pernah hadir atau ada beberapa style, langgam atau mashab karya Arsitektur dan kota yang mewakili zaman tertentu. Ini sangat bermanfaat bagi memperkaya daya kreasi, imajinasi serta kuliah pilihan Urban Design ini diharapkan dapat menambah wacana baru bagi mahasiswa untuk dapat menilai, memahami dan menghargai karya-karya Arsitektur di masa lalu.

     

    Category: My Books | Added by: rwickan (2009-11-04) | Author: Respati Wikantiyoso
    Views: 346 | Rating: 0.0/0
    Bagikan