Welcome Guest
Tuesday
2017-08-22
12:01 PM

Beranda Respati Wikantiyoso

Site menu
Login form
Section categories
Arsip dan Kliping berita Koran [23]
Halaman ini berisi tentang beberapa cuplikan artikel yang ada di Koran yang berkaitan dengan steatmen dan wawancara dengan wartawan koran. Semoga bermanfaat



Your Visitors Number:


Sugar ticket oz

Since December 1st 2009

Search
8
Calendar
«  November 2009  »
SuMoTuWeThFrSa
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930
Entries archive
Our poll
Rate my site
Total of answers: 34
Site friends
  • Create your own site
  • Statistics

    Total online: 1
    Guests: 1
    Users: 0
    Local Wisdom

    Create Your Badge


    BARU TERBIT


    BUKU BARU: LOCAL WISDOM
    Baca Kata Pengantar

    'City is not a Problem, City is Sollution'(Jaime Lerner)







    Web Badan Pengembangan dan Penaminan Mutu Unmer
    Main » 2009 » November » 6 » Pengantar Buku Lokal Wisdom dalam Perencanaan dan Perancangan Kota Untuk Mewujudkan Arsitektur Kota yang Berkelanjutan
    5:35 AM
    Pengantar Buku Lokal Wisdom dalam Perencanaan dan Perancangan Kota Untuk Mewujudkan Arsitektur Kota yang Berkelanjutan
    Pengantar
    Proses Perencanaan (planning) dan Perancangan (design) Kota bukanlah suatu proses yang berdiri sendiri, keduanya merupakan kesatuan proses yang komprehensif dan berkesinambungan. Dimensi Planning dalam pengembangan kota sangat diperlukan sebagai suatu upaya untuk mengelola pengembangan kota dalam skala makro kota. Perancangan kota (urban design) merupakan “jembatan” antara perencanaan kota (urban planning) dan perancangan arsitektur (baik bangunan maupun ruang-ruang luar di antaranya). Dari sisi proses, urban design bukan merupakan produk akhir, namun demikian urban design akan sangat menentukan kualitas produk akhirnya yakni lingkungan binaan kota yang harmonis, estetis dan sustainable bagi kehidupan komunitasnya, melalui konsistensi implementasinya. Perancangan kota pada hakekatnya merupakan pemanfaatan dan pengelolaan kawasan kota yang terpadu, yang bertujuan untuk mengupayakan terbentuknya perangkat pengendali (urban regulation) yang mampu mengantisipasi semua aspek perkembangan kota.

     Pemanfaatan dan pengelolaan kawasan kota melalui urban planning and design memerlukan suatu pendekatan komprehensif yang diharapkan akan mampu “mengakomodasikan” berbagai kepentingan dan aspek-aspek disain. Kajian Kearifan local (local wisdom) merupakan suatu upaya dalam rangka mewujudkan lingkungan kota yang harmoni, dan sustainable melalui pemanfaatan pengetahuan lokal (indigenous knowledge), pendekatan kontekstual serta pendekatan partisipatif. Sebagai sebuah produk yang berfungsi sebagai pengendali tentunya kesempurnaan suatu produk perencanaan dan perancangan kota bukan terletak hanya pada sekedar bagusnya perencanaan dan estetika produk rancangannya, tetapi bagaimana produk rancang bangun tersebut dapat diimplementasikan dengan baik dan memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya kepada kepentingan komunitas dalam mewujudkan lingkungan kota yang “ideal”

    Krisis lingkungan saat ini menyadarkan kita akan perlunya suatu gerakan yang melindungi lingkungan dari kesewenang – wenangan pemanfaatan sumber daya alam. Perencanaan dan perancangan kota adalah suatu upaya terintegrasi antara aspek-aspek planning dan design. Penggalian konsep/teori serta best practices tentang kearifan lokal atas hasil rancangan masalalu (traditional setting, modern setting) melalui design review maupun urban design practices merupakan suatu upaya dalam rangka “penyempurnaan” pendekatan pembangunan kota. Pemahaman atas potensi kearifan lokal dari stakeholder dalam urban planning and design dan landscape design (akademisi, praktisi dan birokrat) menjadi penting dalam pemanfaatan lingkungan bentang alam untuk menciptalan lingkungan kota yang harmoni  dan sustainable.

    Pranata peraturan pengembangan kota yang ada saat ini secara substansial masih jauh dari persyaratan “kecukupan” untuk dapat dikatakan sebagai panduan pengembangan kota secara fisik. Karena substansi produk panduan pengembangan kota yang ada saat ini masih berada dalam ranah perencanaan (planning). Dengan kata lain, substansi belum dapat dioperasionalkan secara optimal sebagai panduan disain, yang

    menyangkut disain elemen-elemen perancangan kota.  Oleh karena itu seminar dengan tema sentral tentang “Kearifan Lokal “ sebagai unsur utama dalam proses perencanaan dan perancangan, baik perancangan kota dan bentang alam menjadi sangat penting.

    Buku ini disusun dan dipublikasikan secara luas dari hasil-hasil diskusi dan pemikiran kritis para akademisi, birokrat dan praktisi, yang dikemas dalam fomat buku yang dapat digunakan sebagai salah satu pengkayaan materi ajar bagi mahasiswa, referensi praktisi, maupun birokrat. Secara lebih khusus tujuan penyusunan buku ini adalah:

    1.              Memaparkan potensi-potensi kearifan local, dan mempublikasikanya pada para stakeholders bidang perencanaan dan perancangan kota.

    2.              Sebagai wahana untuk menyatukan visi maupun misi antara perencana kota (planner) maupun perancang kota (urban designer dan arsitek) dalam berprofesi.

    3.              Dalam jangka panjang bukua ini dapat menjadi inspirasi bagi tumbuhnya kelompok peminatan (peers) akademik secara nasional untuk peduli pada pemecahan masalah pemanfaatan lingkungan kota.

    Dengan susunan maupun bahasan yang tidak terlalu rumit dihapatkan buku ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan pemahaman kearifan lokal di masa mendatang. Semoga buku ini dapat digunakan sebagai salah satu referensi bagi mahasiswa Arsitektur maupun Planologi, dan dapat makin memperkaya sumber bacaan di bidang perencanaan dan perancangan kota.
     
    EDITOR
    Views: 5429 | Added by: rwickan | Rating: 2.5/2
    Total comments: 4
    1  
    Pak Respati,sy salah satu penulis di proseding semnas UNMER Nov 09 kmrn (tidak dapat hadir pada seminar). Sy mendukung sekali atas penerbitan buku dan website jurnal, tetapi sy belum jelas pada beberapa hal seperti :
    1.buku ini sebenarnya telah terbit belum?
    2. apakah semua tulisan yg di proseding masuk?
    3. kalau iya, apakah akan dikirimi 1 eksemplar buku tersebut? Kalau iya, mohon kesediaan panitia/redaksi untuk memberitahukan kepada penulis karea-seperti saya-alamat berubah sesuai posisi sy terkini dan sesuai kontrak pekerjaan saya. Saat ini saya di Yogyakarta. 3 bulan lagi (April 2010) saya berada di papua hingga 2 tahun mendatang.
    4. apa hak dan kewajiban penulis yg sdh di proseding?

    Terimakasih. Semoga berkenan menjelaskan karena saya menunggu email selanjutnya kok belum ada. Saya senang-senang saja membaca informasi yg masuk. Namun jika ternyata sebenarnya pengirim ingin lebih-tidak sekedar membaca dan memberikan saran isi-kan-alangkah sayangnya. Dengan kata lain, spy tidak ada miscommunication. Terimakasih.

    Salam,
    Wido


    2  
    Maaf, memperjelas pertanyaan pertama sy. BUku itu apa sdh didistribusikan ke seluruh Indonesia? di toko buku juga? atau bagaimana?
    Terimakasih.

    Salam,
    wido


    3  
    Untuk Widosari:

    1.buku ini sebenarnya telah terbit belum?
    Jawaban: Buku telah terbit, jika mau membeli harus lewat pemesanan dengan prosedur mengisi form pemesanan di link berikut: http://spreadsheets.google.com/viewform?formkey=dE9FNkhGaGFYdjlZekFvbkJkMVllbXc6MA semua ketentuan pemesanan ada diform tersebut.

    2. apakah semua tulisan yg di proseding masuk?

    Jawaban: Untuk jurnal tidak semua yang ada di dalam prosiding dimuat, masih ada seleksi dan penilaian redaksi berdasarkan topik setiap penerbitan. Semua makalah yang akan dimuat di jurnal ini sebelumnya akan dikonfirmasikan lepada penulisnya tentang kesediaanya untuk menghindari tulisan tersebut dimuat di dua atau lebih penerbitan.

    3. kalau iya, apakah akan dikirimi 1 eksemplar buku tersebut? Kalau iya, mohon kesediaan panitia/redaksi untuk memberitahukan kepada penulis karea-seperti saya-alamat berubah sesuai posisi sy terkini dan sesuai kontrak pekerjaan saya. Saat ini saya di Yogyakarta. 3 bulan lagi (April 2010) saya berada di papua hingga 2 tahun mendatang.
    Jawaban: Jika mengisi form pemesanan (beli Buku) ada alamat dimana kami harus kirim diisi sesuai dengan alamat ibu yang paling baru

    4. apa hak dan kewajiban penulis yg sdh di proseding?
    Jawaban: Sesuai dengan pemberitahuan pada penutupan seminar bahwa;diterbitkan buku kearifan lokal dengan 15 kontributor. Peserta seminar hanya memperoleh prosiding setelah membayar pendaftaran (jika ibu belum mendapatkan prosiding dapat kita bantu hubungi panitia). Untuk artikel yang terpilih akan dibuat buku atau jurnal (saat ini kita memutuskan untuk menerbitkan dalam bentuk jurnal online yang ber ISSN), dengan persetujuan penulis.

    Walaupun demikian kami tetap terbuka untuk menerima artikel diluar seminar tersebut, untuk diketahui edisi 2 ada 2 artikel diluar seminar kearifan lokal. Semoga penjelasan ini bisa membantu memperjelas.

    ketentuan penuliasan artikel bisa dibaca di: http://www.localwisdom.ucoz.com/index/petunjuk_penulisan_naskah_jurnal_online_local_wisdom_jolw/0-5

    Terimakasih komentarnya.


    4  
    bukunya terbitan mana? biar bisa saya cari!

    Name *:
    Email *:
    Code *:
    Bagikan