Welcome Guest
Sunday
2017-12-17
8:40 PM

Beranda Respati Wikantiyoso

Site menu
Login form
Section categories
Arsip dan Kliping berita Koran [23]
Halaman ini berisi tentang beberapa cuplikan artikel yang ada di Koran yang berkaitan dengan steatmen dan wawancara dengan wartawan koran. Semoga bermanfaat



Your Visitors Number:


Sugar ticket oz

Since December 1st 2009

Search
8
Calendar
«  May 2011  »
SuMoTuWeThFrSa
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031
Entries archive
Our poll
Rate my site
Total of answers: 35
Site friends
  • Create your own site
  • Statistics

    Total online: 1
    Guests: 1
    Users: 0
    Local Wisdom

    Create Your Badge


    BARU TERBIT


    BUKU BARU: LOCAL WISDOM
    Baca Kata Pengantar

    'City is not a Problem, City is Sollution'(Jaime Lerner)







    Web Badan Pengembangan dan Penaminan Mutu Unmer
    Main » 2011 » May » 2 » Kota Bogor Segera Bangun Boulevard - Malang Juga Mau Bikin Pedestarian
    6:37 PM
    Kota Bogor Segera Bangun Boulevard - Malang Juga Mau Bikin Pedestarian
    Malang Juga Mau Bikin Pedestarian

    Jumat, 30 Juli 2010 02:24

    BOGORKITA - Kota apel Malang, Jawa Timur juga berniat membuat pedestarian sebagaimana halnya Kota Bogor Seperti apa konsep pedestarian Malang? Pakar Tata Kota Universitas Merdeka Malang meminta Pemkot Malang untuk benar-benar menyeriusi gagasan brilian Wali Kota Malang, Peni Suparto soal pedestrian zone di Jalan Pasar Besar. Bahkan ada masukan, konsep pedestrian yang nyaman itu bisa dilihat dan dirasakan di Orchard Road Singapura.

    Prof.Ir. Respati Wikantiyoso, MSA., Ph.d. guru besar arsitektur Universitas Merdeka Malang mengatakan, untuk pedestrian zone, ada beberapa bangunan baru yang harus ada di sepanjang jalan. Seperti bangku duduk untuk beristirahat, pemandangan yang mendukung, lintasan jalan yang baik, kanopi yang menyejukkan serta magnet pemandangan lain yang menyebabkan pejalan kaki betah berjalan di kawasan tersebut.

    ”Seperti di Orchard Road Singapura. Di sana walaupun rute berkilo meter, pejalan kaki tidak merasa lelah. Karena mereka banyak dihibur dengan pemandangan yang asri dan nyaman di sepanjang jalan,” kata Respati kepada Malang Post kemarin.

    Di Indonesia, konsep pejalan kaki ada juga di Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung. Dengan menggunakan kanopi berbentuk dome yang menutup seluruh atap jalan. Namun Respati menganggap konsep itu bukanlah satu referensi yang baik. Di kawasan Malioboro Jogjakarta, pernah juga dijadikan sebagai zona pejalan kaki. Namun karena omzet pedagang yang ternyata menurun, konsep itu lantas di hentikan.

    ”Intinya Pemkot harus memiliki konsep yang matang dan bisa bertahan lama. Harus ada magnet yang lebih besar untuk menjadikan kawasan pedestrian, seperti di Singapura itu,” tandasnya.

    Uji coba bisa jadi sebuah alternatif yang harus dilakukan oleh Pemkot untuk melihat kesiapan kawasan Jalan Pasar Besar sebagai pedestrian zone. Dengan kajian lalu-lintas yang matang bisa jadi kemacetan tidak akan terjadi.

    Konsep zona pejalan kaki yang terpenting harus dibuat agar dapat berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Sebab akan banyak biaya dan tenaga untuk mempersiapkan konsep itu. ”Jangan hanya gebyarnya saja terus tiba-tiba hilang. Kan banyak kerugian dari segi biaya dan juga warga di sana,” lanjutnya.

    Respati tidak dapat menyebut berapa lama kajian dari konsep itu dapat dilaksananakan. Namun Respati menyebutkan beberapa hal penting yang harus di siapkan, seperti guide line mengenai tata letak dan denah yang berisi berbagai rancangan dan peta zona tersebut. Tentang tempat parkir, lintas jalan yang akan dilalui, rancangan trotoar yang nyaman untuk pejalan kaki, serta aturan mengenai kapan di berlakukannya zone pejalan kaki.

    ”Karena di situ adalah zona perekonomian, saya kira lebih baik untuk menerapkan konzep ini dalam waktu tertentu dimana kegiatan dan omzet pemasukan warga setempat mengalami penurunan. Seperti ketika sore hari atau malam. Pada pagi hingga siang saya lihat di daerah itu padat sekali terjadi transaksi,” ujarnya.(sumber: malangpost)

    Berita selengkapnya di: 

    http://www.bogor-kita.com/pemerintahan/kotamdya-bogor/473-kota-bogor-segera-bangun-boulevard.html?start=1
    Category: Arsip dan Kliping berita Koran | Views: 708 | Added by: rwickan | Rating: 0.0/0
    Total comments: 0
    Bagikan